Beranda Destinasi Rekomendasi 5 Destinasi Wisata di Banten

Rekomendasi 5 Destinasi Wisata di Banten

72
0
photo by: tnujungkulon.menlhk.go.id

Destinasi Wisata Banten – Banten merupakan provinsi paling barat di Pulau Jawa, memiliki banyak pantai sebagai destinasi utama wisatawan tempat ini layak kamu singgahi untuk berliburan bersama keluarga, teman, atau pasangan. Berikut 5 destinasi wisata di Banten:

Wisata Saba Budaya Baduy

Photo by Alvian Hasby on Unsplash

Jika kamu ingin merasakan wisata alam yang masih kental kebudayanya dalam bermasyarakat, Wisata Desa Baduy pilihannya. Terletak di wilayah pedalaman Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, kamu bisa merasakan pengalaman yang berbeda saat melakukan wisata disini. Desa Suku Baduy adalah desa yang masih alami karena pola hidup masyarakatnya yang mempertahankan kelestarian alamnya.

Wisata Baduy merupakan sebuah destinasi yang unik. Para wisatawan menyaksikan kehidupan masyarakat Baduy, berinteraksi, dan berpartisipasi dalam upacara dan ritualnya. Suku Baduy yang terdiri dari dua kelompok, yaitu Suku Baduy Luar dan Suku Baduy Dalam, keduanya memiliki perbedaan yang mencolok dalam tradisi, norma, dan gaya hidup.

Suku Baduy Luar dalam kesehariannya telah mengadopsi beberapa barang elektronik dan produk buatan pabrik, sesuai dengan izin dari Ketua Adat atau Jaro. Mereka juga menjadi lebih terbuka dalam menerima tamu dari luar, bahkan tamu dari mancanegara, yang diperbolehkan untuk menginap di rumah mereka.

Suku Baduy Dalam lebih memilih untuk mempertahankan tradisi dan norma adat mereka yang teguh. Mereka menjalankan konsep pikukuh yang mengajarkan pentingnya mempertahankan keadaan dan menghindari perubahan sebisa mungkin. Konsep ini tercermin dalam kehidupan sehari-hari mereka, di mana mereka mematuhi aturan-aturan yang ketat.

Taman Nasional Ujung Kulon

photo by: instagram.com/raemaulana_11/

Wisata Taman Nasional Ujung Kulon terletak pada bagian paling barat di Pulau Jawa, Indonesia tepatnya di Kab. Pandeglang, Provinsi Banten. Ujung Kulon merupakan taman nasional tertua di Indonesia yang sudah diresmikan sebagai salah satu Warisan Dunia yang dilindungi oleh UNESCO pada tahun 1991. Menjadi salah satu hutan lindung karena wilayah ini masih terdapat hewan Badak Jawa. Tempat ini menjadi rekomendasi liburan kamu di Banten karena banyaknya pilihan lokasi yang bisa kamu singgahi.

Destinasi yang sangat populer di kunjungin oleh wisatasan adalah Pulau Peucang. Selain itu ada juga tempat wisata lain seperti Pulau Oar, Pulau Umang, Pulau Panaitan, Sungai Cigenter dan masih banyak lagi.

Untuk liburan kesini kamu tidak perlu khawatir karena banyaknya jasa open trip, atau kamu juga bisa pergi bersama teman dan pasangan.

Pulau Merak Kecil

One day one trip begitu lah kira-kira sebutan untuk yang ingin liburan kesini. Pulau Merak Kecil berada di Kabupaten Cilegon, Banten, memiliki akses yang sangat mudah untuk kamu yang masih bisa akses commuter line JABODETABEK. Pulau ini menawarkan wisata bahari, ramah untuk anak-anak juga karena tidak memiliki ombak yang besar.

Untuk sampai ke pulau ini kamu harus menyebrang menggunakan kapal motor dari arah pesisi pantai. Jam operasional pulau ini dari pukul 07:00 – 17:30 WIB dan buka pada setiap harinya.

Pulo Manuk

Memiliki area pantai yang luas dengan hamparan pasir putih, pepohanan yang besar-besar, dan banyak gazebo yang tersedia juga. Tempat ini terkenal dengan banyaknya satwa udara, setiap pagi dan sore burung-burung singgah untuk mencari makan. Selain burung, pantai disini juga ada beberapa monyet liarnya.

Bersantai di sofa-sofa atau tempat duduk dengan payung besar sambil menikmati sunset, di temani live music. Dengan begitu kamu bisa merasakan nongkrong dengan vibes ala-ala di Bali.

Pantai Goa Langir

Photo by Teuku Faza Rivaldi on Unsplash

Pantai dengan di kelilingi tebing-tebing, dan pasir putih menambah kecantaikan pantai ini. Di namakan ‘Goa Langir’ karena di area sekitaran bibir pantai banyak terdapat goa-goa, dan salah satunya bernama Goa Langir, selain bisa menikmati pemandangan pantai, kalian juga bisa mengunjungi goa tersebut. Tempat ini merupakan pantai yang masih jarang di kunjungi oleh wisatawan karena lokasinya yang tersembunyi.

Walaupun tempat ini agak tersembunyi namun kamu tidak perlu khawatir untuk mencari penginapan bagi yang tidak ingin camp di pantai. Banyak pilihan penginapan seperti Sawarna Resort, Sawarna Pardiso, dan Little Hula hula.