Beranda GUNUNG Si Triple S Gunung yang jadi Tujuan para Pendaki di Jawa Tengah

Si Triple S Gunung yang jadi Tujuan para Pendaki di Jawa Tengah

64
0
Photo by Fahrul Razi on Unsplash

Bagi kamu para pendaki khususnya di daerah Pulau Jawa pasti sudah tidak asing lagi dengan sebutan gunung Triple S. Gunung yang letaknya tidak berjauhan ini berada di Provinsi Jawa Tengah, selain itu gunung ini memiliki nama yang diawali huruf “S” semua.

Gunung Sindoro, Gunung Sumbing, dan Gunung Slamet merupakan gunung yang memiliki julukan gunung “Triple S” dari para pendaki. Triple S menjadi sebuah list bagi para pendaki, karena belum lengkap rasanya kalau ketiganya belum di singgahi.

Berikut informasi dari gunung Triple S yang menjadi tujuan para pendaki

Gunung Sindoro

photo by: instagram.com/pherasig/

Gunung Sindoro atau dalam bahasa sansekerta Gunung Sundara memiliki puncak ketinggian 3.153 mdpl, sebuah gunung vulkano aktif yang terletak di Provinsi Jawa Tengah, Indonesia,  Gunung Sindoro terletak berdampingan dengan Gunung Sumbing. Dari puncak Sikunir Dieng, gunung ini dapat terlihat jelas . Kawah yang disertai jurang dapat ditemukan di sisi barat laut ke selatan gunung, dan yang terbesar disebut Kembang.

Jalur pendakian Gunung Sindoro memiliki beberapa jalur yang bisa kamu pilih yaitu jalur Kledung, Sigedang Tambi, Alang-Alang Sewu, Ndoro Arum, dan Bansari. Kledung menjadi jalur yang paling populer untuk mendaki Gunung Sindoro.

Gunung Sumbing

photo by: instagram.com/bwildnn/

Memiliki ketinggian puncak 3.371 mdpl Gunung Sumbing adalah gunung api, Gunung Sumbing merupakan gunung tertinggi ketiga di Pulau Jawa setelah Gunung Semeru dan Gunung Slamet. Gunung ini secara administratif terletak di tiga wilayah kabupaten, yaitu Kabupaten Magelang, Kabupaten Temanggung, dan Kabupaten Wonosobo. Bersama dengan Gunung Sindoro, Gunung Sumbing membentuk bentang alam gunung kembar, seperti Gunung Merapi dan Gunung Merbabu, apabila dilihat dari arah Temanggung.

Jalur pendakian Gunung Sumbing memiliki beberapa jalur yang bisa kamu pilih yaitu jalur Garung, Bowongso, Cepit, Lamuk, Banaran, Butuh Kaliangkrik, dan Mangli Kaliangkrik. Galur menjadi jalur yang paling populer untuk mendaki Gunung Sumbing.

Gunung Slamet

photo by: instagram.com/antnnslbs/

Gunung Slamet adalah sebuah gunung berapi kerucut tipe A, salah satu “gunung tunggal” yang terpisah dari pegunungan. Menjadi yang terbesar atau terluas di Indonesia seperti halnya Gunung Tambora di Nusa Tenggara Barat. Gunung yang tertinggi dari anggota Triple S, mempunyai ketinggian puncak 3.432 mdpl dan termasuk gunung tertinggi kedua di Pulau Jawa.

Jalur pendakian Gunung Slamet memiliki beberapa jalur yang bisa kamu pilih yaitu jalur Permadi Guci, Cemara Sakti, Bambangan, Baturraden, Kaliwadas. Permadi Guci menjadi jalur yang paling populer untuk mendaki Gunung Slamet.

Pendakian Gunung Slamet merupakan yang cukup sulit dibanding tetangganya. Hal itu karena sulitnya sumber air pada jalur pendakiannya, ditambah lagi kabutnya yang mudah pekat.

Apabila kamu mempunyai waktu lebih, cobalah mampir ke wisata pemandian air panas guci untuk bersantai setelah melakukan pendakian

 

Demikian informasi singkat dari gunung Triple S, apakah kamu berniat ingin mendakinya? Atau malah sudah melengkapinya?. Semoga artikel ini bermanfaat, tetap menjaga lingkungan, salam lestari.

 

Referensi:
id.wikipedia.org