Beranda LAINNYA Liburan Akhir Pekan! Mari Ajak Anak Bermain di Kebun Raya Bogor

Liburan Akhir Pekan! Mari Ajak Anak Bermain di Kebun Raya Bogor

1618
0
pixabay.com
pixabay.com

Liburan akhir pekan di Kebun Raya Bogor dengan keluarga adalah pilihan yang tepat. Ada banyak manfaat bagi orang tua, remaja, hingga anak-anak yang bermain di Kebun Raya Bogor. Selain pendidikan tanaman, ternyata Kebun Raya Bogor juga memiliki efek positif pada kondisi fisik dan juga psikologis. “Anak-anak dan remaja yang sering berinteraksi dengan alam akan memiliki kepedulian terhadap lingkungan di masa dewasa dengan perilaku positif,” kata Karen Tambayong, Wakil Bendahara Yayasan Kebun Raya Indonesia di FGD tentang Pengelolaan Taman Modern dan Berkelanjutan di Hotel JS Luwansa, Jakarta. , Selasa (27/2/2018).

Akar pohon kayu raja dari Asia (Koompassia excelsa) adalah salah satu tanaman koleksi Kebun Raya Bogor, Jawa Barat, Jumat (19/5/2017). Kebun botani yang digagas oleh Prof C.G.C Reinwardt seorang botanis berkebangsaan Jerman sebagai tempat penelitian ini genap berusia 200 tahun. KOMPAS IMAGES

Bermain di luar ruangan, terutama di alam, juga membuat anak berprestasi lebih baik di sekolah, mudah bergaul, dan memiliki empati tinggi. “Hasil penelitian ini bukan kata-kata saya sendiri.” Rata-rata orang yang berjalan di alam memiliki sikap positif, “jelas Karen.

Ia juga mengatakan agar anak yang memiliki Attention deficit Hyperactivity Disorder (ADHD) bisa berkurang jika sering bermain di alam. Lokasi outdoor dengan banyak tanaman juga membantu anak mengurangi stres. Terutama anak psikomotor, kekuatan otot akan terbentuk dari aktivitas fisik.

Karena pada kesempatan yang sama juga merasa prihatin dengan generasi Z yang banyak berhubungan dengan gadget sejak dini. Karena generasi Z mengalami lebih banyak Nature Deficit Disorder (NDD). Kecenderungan pada anak-anak yang mengalami keterlambatan perkembangan fisik, mental, dan akademis karena kurang berinteraksi dengan alam. NDD diciptakan oleh Richard Louv di Last Child in the Woods (2005), banyak masyarakat sekarang memutuskan hubungan alami dengan anak-anak. Jadi anak-anak, terutama generasi Z, kelebihan berat badan, depresi, tidak fokus, sering cemas, takut akan alam, masalah perhatian, dan sikap apatis.

Manfaat lainnya bagi anak-anak bermain di alam terbuka seperti meningkatkan kreatifitas dan imajinasi, meningkatkan komunikasi sosial, peduli dengan lingkungan. Jadi, tidak ada salahnya membawa keluarga bahkan anak-anak bermain di kebun raya atau tempat terbuka lainnya. Selain murah, ada banyak manfaatnya yang bisa di dapatkan.

referensi:

  • kompas.com