Beranda LAINNYA 4 Wisata Bersejarah di Yogyakarta

4 Wisata Bersejarah di Yogyakarta

1879
0
Tugu Jogja - berliburan.com
Tugu Jogja - berliburan.com

Kota Yogyakarta adalah salah satu kota yang memiliki berbagai macam keindahan dan menjadi salah satu favorit untuk berliburan. Banyak tempat wisata bersejarah di Yogyakarta yang mungkin tidak ingin kalian lewatkan disini. Kota ini memang cocok untuk berlibur keluarga, teman dekat dan sahabat kalian. Selain menikmati keindahan wisata, disini kalian juga bisa belajar untuk lebih mengenal sejarah secara langsung.

4 Lokasi wisata bersejarah di Yogyakarta:

Tempat-tempat wisata ini, selain dapat kalian nikmati keindahannya kalian juga dapat mempelajari sejarah tentang peninggalan masa lalu yang masih dilestarikan sampai sekarang. Berikut ini beberapa lokasi yang sangat bersejarah di Yogyakarta:

1. Keraton Yogyakarta

Foto: pamitrantours.com – Keraton Yogyakarta

Keraton Yogyakarta berada tepat pada jantung kota Yogyakarta. Keraton Yogyakarta ini adalah salah satu tempat yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan. Meskipun sudah ratusan tahun, keraton ini masih terus dijaga keasliannya dan dirawat dengan baik. Selain itu kultur dan budaya masih terus dilanjutkan oleh penerus-penerusnya sampai sekarang.

Sejarah Keraton Yogyakarta

Keraton Yogyakarta dibangun oleh Sultan Hamengku Buwono ke-I, beberapa bulan setelah perjanjian Giyanti pada Tahun 1755. Di Keraton Yogyakarta ini memiliki banyak warisan budaya seperti upacara, tarian-tarian dan benda-benda pusaka lain yang masih berfungsi sampai sekarang. Benda-benda kuno lain yang bersejarah antara lain: keramik, batik, gamelan serta benda-benda lain seperti lukisan yang mempunyai nilai sejarah yang sangat tinggi.

4 Wisata Bersejarah di Yogyakarta

Jam Buka Keraton Yogyakarta

Keraton Yogyakarta dapat dikunjungi oleh wisatawan mulai pukul 08:00 sampai 14:00 WIB setiap hari Selasa – Minggu (Senin tutup) . Namun untuk hari Jumat, Keraton ini ditutup pada pukul 12:00 siang WIB. Untuk menghormati umat muslim menjalanjakan ibadah sholat jumat.

Harga Tiket Masuk

Harga tiket masuk Keraton Yogyakarta di kenai biaya sebesar:

Tiket Wisatawan Domestik

  1. Anak                Rp. 10.000
  2. Dewasa            Rp. 15.000

Tiket Wisatawan Asing

  1. Anak                Rp. 20.000
  2. Dewasa            Rp. 25.000

Pengunjung yang datang kesini akan disuguhi pertunjukan seni yang menarik, seperti Macapat, Pagelaran Gamelan, Wayang Orang dan pertunjukan seni lain seperti Wayang Kulit, Wayang Golek dan tari-tarian tradisional seperti Tari Srimpi. Pertunjukan ini di tampilkan di Bangsal Manganti. Pertunjukan dimulai pada pukul 10:00 WIB dari hari Selasa sampai Kamis. Untuk hari Jumat, pertunjukan akan dimulai lebih awal yaitu pukul 09:00 WIB. Sedangkan untuk hari Minggu pertunjukan dimulai pada pukul 09:30 WIB.

4 Wisata Bersejarah di Yogyakarta

Alamat Keraton Yogyakarta

Alamat:

Jalan Rotowijayan Blok No. 1, Panembahan, Kraton, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta.

2. Taman Sari Jogja

Foto: wikipedia.org – Taman Sari Yogyakarta

Sejarah Taman Sari Jogja

Taman Sari Yogyakarta dibangun oleh Sultan Hamengku Buwono I pada tahun pemerintahan 1758-1765. Sebanyak kurang lebih 57 bangunan yang didirikan di tempat ini, seperti gedung, pemandian, danau buatan, kanal air, pulau buatan, jembatan gantung, bahkan lorong-lorong bawah air. Oleh sebab itu tidak mengherankan bahwa Taman Sari Yogyakarta di juluki dengan nama Istana Air.

4 Wisata Bersejarah di Yogyakarta

Taman sari atau Istana Air Taman Sari Yogyakarta terletak tidak jauh dari Keraton Yogyakarta. Dahulu tempat ini merupakan tempat rekreasi bagi keluarga kerajaan serta menjadi benteng pertahanan yang dibangun pada tahun 1758-1765 oleh Sri Sultan Hamengku Buwono I. Istana Air Taman Sari ini memiliki luas lahan yang pada awalnya sebesar 10 hektar dengan 57 bangunan di dalamnya. Tempat ini menjadi tempat pemandian Putri Raja dan Permaisuri pada zaman dahulu. Saat ini Taman Sari telah menjadi tempat wisata yang cukup populer di kota Jogja.

Jam Buka

Wisata Taman Sari mulai dapat di kunjungi pada pukul 09.00 – 15.00 WIB setiap harinya.

Harga Tiket Masuk

Harga tiket masuk Taman Sari Yogyakarta di kenai biaya sebesar:

Tiket Domestik

  1. Anak (2 tahun – 12 tahun):                  Rp. 10,000
  2. Dewasa (12 tahun keatas):                  Rp. 15,000

Tiket Internasional

  1. Anak (2 tahun – 12 tahun):                  Rp. 20.000
  2. Dewasa (12 tahun keatas):                  Rp. 25.000

Adapun biaya foto session untuk beberapa kategori khusus di mulai dari harga Rp. 150,000 dan juga segala kegiatan pengambilan video dengan menggunakan kamera profesional selain berwisata, di harapkan untuk konfirmasi terlebih dahulu di kantor Taman Sari.

Alamat

Alamat:

Wisata Taman Sari, Jl. Tamanan, Patehan, Kraton, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55133

3. Candi Prambanan

Foto: wikipedia.org – Prambanan Temple Complex 

Sejarah Candi Prambanan

Candi Prambanan adalah kompleks candi Hindu terbesar di Indonesia yang dibangun pada abad ke-9 masehi. Kompleks candi ini terletak di kecamatan Prambanan, Klaten, kurang lebih 17 kilometer Timur Laut Yogyakarta. Candi ini termasuk dalam Situs Warisan Dunia UNESCO, candi Hindu terbesar di Indonesia, sekaligus salah satu candi terindah di Asia Tenggara. Arsitektur bangunan ini berbentuk tinggi dan ramping sesuai dengan arsitektur candi Hindu pada umumnya. Candi Siwa atau ‘Siwagrha’ dalam Bahasa sansekerta adalah sebagai Candi utama yang memiliki ketinggian mencapai 47 meter, menjulang di tengah kompleks gugusan candi-candi yang lebih kecil. Candi ini juga di jadikan sebagai lokasi dari salah satu event musik Jazz, yaitu Prambanan Jazz Festival.

Baca Juga:

Jam Buka

Jam Operasionalnya adalah Senin sampai Minggu pukul 07.00-17.30 WIB.

Harga Tiket Masuk

Harga tiket masuk Candi Prambanan di kenai biaya sebesar:

  1. Wisatawan Nusantara per orang untuk sekali masuk
         – Usia 3 s/d 10 tahun: Rp. 25.000
         – Usia 10 tahun keatas: Rp.  50.000
          Tarif sudah termasuk premi asuransi Rp. 500 per orang

  2. Khusus Wisatawan Nusantara bagi rombongan pelajar atau mahasiswa per grup setiap kali masuk, dengan surat pengantar dari sekolah/universitas di kenakan biaya

         Rp. 25.000 dengan minimal 20 orang peserta dalam 1 grup
         Tarif sudah termasuk premi asuransi Rp. 500 per orang

Alamat

Alamat:
Jl. Raya Solo – Yogyakarta No.16, Kranggan, Bokoharjo, Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55571

4. Museum Ullen Sentalu

Foto: bobobox.com – Museum Ullen Sentalu

Sejarah Museum Ullen Sentalu

Museum Ullen Sentalu terletak di Jalan Boyong KM 25, Kaliurang Barat, Slema, Yogyakarta ini menyajikan seni serta budaya jawa. Terletak di kaki gunung Turgo, Merapi, dan Plawangan, udara sejuk pegunungan dapat anda rasakan saat berkunjung ke museum ini. Berkunjung ke Museum Ullen Sentalu ini dapat menjadi sarana belajar serta berwisata bersama keluarga dan teman-teman anda. Museum Ullen Sentalu merupakan museum terbaik di Indonesia. Saat anda bekunjun ke museum ini, anda akan dipandu dengan pemandu yang akan menjelasakan secara rinci mengenai isi museum.

Jam Buka

Museum Ullen Sentalu tutup pada hari Senin, buka pada hari Selasa – Minggu pukul 08.30 sampai 16.00 WIB dan untuk tur terakhir pada pukul 15.15

Harga Tiket Masuk

Harga tiket masuk Museum Ullen Sentalu bervariatif tergantung pilihan tur yang kita inginkan. Museum Ullen Sentalu di lengkapi juga dengan English guided tour nya, berikut detailnya:

  • Tur Adiluhung Mataram : Rp 50.000
  • Tur Skriptorium : Rp 60.000
  • Tur Vorstenlanden : Rp 100.000
  • English Guided Tour : Rp 100.000

Alamat

Alamat:

Jalan Boyong KM 25, Kaliurang Barat, Hargobinangun, Sleman, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55582

Itulah beberapa lokasi wisata sejarah yang dapat anda kunjungi saat berada di Jogja. Saat berkunjung ke Jogja Anda bisa memilih Homestay sebagai pilihan menginap. Apabila berwisata besama keluarga serta teman-teman dengan jumlah cukup banyak, maka Homestay bisa menjadi pilihan terbaik Anda. Homestay menyediakan fasilitas yang lebih lengkap. Anda bisa merasakan pengalaman menginap seperti berada di rumah sendiri.

Referensi:

  • borobudurpark.com
  • ullensentalu.com
  • instagram.com/wisata_tamansari_yogyakarta