Beranda JAJANAN Oleh-oleh Khas Semarang yang Harus Kamu Beli dan Bagikan ke Temanmu

Oleh-oleh Khas Semarang yang Harus Kamu Beli dan Bagikan ke Temanmu

113
0

Oleh-oleh khas Semarang adalah salah satu daya tarik yang kuat sekaligus mempromosikan Kota Semarang, terutama wisata kulinernya.

Setiap daerah di Indonesia memiliki karakteristik masing-masing. Baik itu budaya, seni, atau makanan tradisional yang kadang-kadang bahkan menjadi simbol identitas daerah tersebut. Demikian pula, dengan daerah Semarang, salah satu tujuan paling populer di Indonesia.

Setelah Anda lelah berkeliling di kota Semarang dan menikmati destinasi wisatanya, kurang lengkap jika Anda tidak meluangkan waktu sebelum pulang kerumah untuk membeli oleh-oleh khas Semarang yang bisa kamu bagikan ke teman-temanmu, berikut oleh-oleh khas Semarang:

1. Lumpia

nyambungterus.com

Kuliner satu ini dari pertama memang menjadi ikon promosi kota Semarang. Isiannya terbuat dari rebung (tunas bambu) dan rasanya yang manis dan gurih ayamnya membuat banyak orang selalu merindukannya. Oleh-oleh yang satu ini cukup mudah anda temui. Hampir setiap sudut kota Semarang menjual lumpia. Tetapi jika Anda ingin mencoba langsung dari pembuatnya, langsung saja ke pusat produksi lumpia di Gang Lombok, berada di kawasan Pecinan Semarang.

Anda akan menemukan lumpia yang dikemas dalam bentuk kemasan besek (wadah kotak yang terbuat dari bambu). Harap dicatat, pembuatan Lumpia Gang Lombok masih menggunakan resep asli yang turun-menurun dari generasinya, sehingga rasanya tidak berubah. Lumpia Gang Lombok menyajikan 2 varian yaitu lumpia goreng dan basah.

2. Tahu bakso Ungaran

Oleh-oleh Semarang tradisional yang satu ini cocok dinikmati sambil bersantai dengan minum teh atau kopi. Tahu bakso di Semarang terkenal dengan rasa gurih. Bagi mereka yang suka pedas akan menjadi lebih enak dimakan dengan cabe rawit. Ada 2 jenis makanan tahu bakso di Semarang, yaitu tahu goreng bakso dan tahu bakso rebu. Keduanya sama-sama enak dan lezat. Tahu bakso Ungaran memiliki kesejarahan tersendiri. Usaha tahu bakso didirikan tahun 1955 oleh penduduk bernama Bu Pudji Ungaran. Pada waktu itu, Bu Pudji menjajakan tahu bakso di sekitar dalam beberapa kantor di Ungaran dan Semarang. Berikutnya bisnis tahu bakso Bu Pudji berkembang semakin pesat sehingga maka banyak orang yang mencoba untuk Semarang.

Jajanan tahu bakso yang dapat Anda temukan dengan mudah di toko oleh Semarang tradisional, terutama di daerah Jalan Pandanaran.

3. Wingko babat

https://www.instagram.com/dapoerkuelezatos/

Wingko yang sebenarnya tidak kuliner Semarang asli, bukan babat Lamongan. Karena sangat populer Wingko Babat, banyak di antara disebutkan bahwa makanan berasal dari Semarang. Wingko yang terbuat dari beras ketan yang ditumbuk kasar, ditambah gula dan kelapa. Rasa ini sangat unik, legit dan lezat. Sebagian besar wisatawan yang berkunjung di Semarang adalah selalu mencari Wingko Babat. Wingko babat pertama dipopulerkan di Semarang oleh pendatang dari babat Lamongan yang menetap di Semarang, yaitu Mrs Mulyono. Pada awal bisnis pertama memelopori Wingko Babat, penjualan adalah hanya di sekitar Tawang district hanya. Saat ini oleh tradisional Semarang terkenal ini Anda dapat menemukan mudah, terutama Wingko Babat Cap-Paradise Road Kereta di no. 14.

4. mocha (Moaci Gemini)

agenkuliner.com

Meskipun tidak setenar lumpia atau Wingko Babat, Mocha atau juga disebut Moaci Gemini termasuk khas Semarang layak Anda membawa pulang sebagai souvenir. Sama seperti Wingko Babat, Mocha tidak benar-benar asli kuliner. Seharusnya makanan yang satu ini datang dari luar negeri. Di Indonesia, Mocha pertama kali diproduksi di Semarang. Toko dari Semarang ini salah satu yang unik berbentuk, terbuat dari adonan tepung beras ketan dengan gula dan kacang isian yang ditumbuk kasar, sementara biji wijen ditaburi terluar. Tekstur kenyal dan terasa legit mulai dari gigitan pertama. Kuliner ini dibuat tanpa bahan pengawet sehingga yang hanya memegang sekitar 1 minggu. Penasaran dengan rasa Mocha? Silahkan beli di Moaci West Kentangan Road, Gemini No. 101, Semarang.

5. Bandeng Juwana Erlina

Bandeng Juwana

Jika Anda adalah penggemar masakan ikan, Anda harus berhenti di Juwana Bandeng. Tempat ini menjual berbagai souvenir Semarang, termasuk semua jenis makanan dari ikan whitefish, mulai dari otak-otak bandeng, bandeng duri lunak (Bandeng Presto), bandeng, dan asap. Selain toko, Anda juga dapat menikmati makanan ikan bandeng langsung. Anda tinggal di makanan kedai bandeng Juwana Erlina, tempatnya adalah di lantai 2. Olahan bandeng juga tersedia, seperti Gudeg bandeng, bandeng, bandeng sate dan Douchi. Jangan lewatkan Anda saat Juwana bandeng di Semarang, hanya datang langsung ke jalan Pandanaran Semarang atau no. 57 Pamularsih Road No. 70.