Beranda Tips and tricks Tips: Aman Berliburan saat Berpuasa di bulan Ramdhan

Tips: Aman Berliburan saat Berpuasa di bulan Ramdhan

59
0
Photo by Bushra Mix: https: pexels.com

Bulan Ramadhan adalah waktu bagi umat muslim untuk menjalankan puasa, walau dengan berpuasa kamu tetap bisa melakukan travelling lho. Ada banyak hal yang bisa kamu dapatkan dalam travelling saat berpuasa, misal kamu jadi tahu kebiasaan di suatu daerah tertentu saat berpuasa bisa saja berbeda dengan lingkungan tempat tinggal kamu.

Menjadi pengalaman yang berbeda juga untuk bisa kamu nikmati, agar liburan dan ibadah kamu di bulan Ramadhan ini tetap berjalan dengan lancar, berikut adalah tips yang bisa kamu terapkan dalam perjalanan travelling kamu:

1. Menentukan Destinasi

Image by 12019 from Pixabay

Sebelum melakukan travelling saat berpuasa, ada baiknya kamu tentukan destinasi terlebih dahulu, carilah tempat yang tidak terlalu sulit untuk di jangkau dan alangkah baiknya cari kawasan yang memang dominan muslim. Hal ini bertujuan agar kamu tidak bingung untuk menjalankan ibadah seperti shalat atau mengaji, terlebih lagi dengan mengunjungi tempat-tempat wisata yang lebih Islami kamu bisa juga mengikuti kegiatan Ramadhan di tempat tersebut.

Dengan destinasi baru, lingkungan yang berbeda saat bulan Ramadhan pasti akan menambah juga pengetahuan kamu karena tidak semua tempat mempunyai kebiasaan yang sama. Jadi kamu bisa travelling sambil menambah ilmu agama Islam.

2. Bersahur

Pada saat travelling kamu harus melakukan sahur agar tetap berpuasa, konsumsilah makanan yang memiliki nilai nutrisi dan gizi yang cukup dan ditambah juga dengan mengkonsumsi vitamin. Tujuannya untuk menjaga stamina selama menjalankan ibadah puasa di perjalanan dan perbanyak minum air mineral. Jadi, kamu bisa tetap fit untuk melakukan aktivitas saat travelling.

Photo by Brooke Lark on Unsplash

3. Membawa Bekal

Saat travelling sebaiknya kamu tetap membawa bekal yang simple seperti kurma dan air mineral. Hal ini bertujuan saat kamu berbuka jauh dari tempat makan atau masjid yang biasa menyediakan takjil, kamu tidak perlu khawatir untuk menyegerakan berbuka puasa saat sudah waktunya. Ditambah lagi apabila kamu merasa harus terpaksa membatalkan puasa karena hal tertentu, kamu tidak perlu malu untuk membeli makanan atau minuman ke warung.

4. Membawa Perlengkapan Ibadah

Apapun kondisinya sebaiknya kita bisa menjaga ibadah kita, sekalipun kita terpaksa membatalkan puasa namun ibadah shalat harus tetap di jaga. Maka bawalah perlengkapan ibadah seperti sajadah, sarung atau mukena. Saat ini sudah banyak produk yang menjual perlengkapan ibadah khusus untuk travelling, mudah dan ringan juga untuk di bawa terlebih lagi ukurannya tidak terlalu makan space dalam tas.

Photo by Masjid Pogung Dalangan on Unsplash

Kamu juga bisa membawa Al-Qur’an dengan ukuran yang kecil yang bisa kamu masukan dalam tas, ingat, yaa, apapun kondisinya kamu harus tetap beribadah apalagi di bulan penuh kebaikan ini hehe.

5. Beristirahat

Photo by Katie Moum on Unsplash

Jangan karena ingin segera sampai tujuan, kamu terus melakukan perjalanan travelling tanpa beristirahat, itu akan membuat kamu kelelahan dan membuang banyak energi sehingga dapat menimbulkan batalnya kita berpuasa. Beristirahatlah yang cukup, simpan energimu dengan baik karena tujuan dari perjalanan travelling kamu adalah selamat sampai kembali ke rumah.

6. Persiapkan Uang Lebih

Persiapkanlah uang lebih untuk kamu berjaga-jaga apabila ada hal yang tidak di inginkan yang harus mengeluarkan uang lebih. Kamu juga bisa bersedekah atau sekedar membantu dengan membeli takjil di wilayah kamu melakukan travelling, dengan dilipat gandakan pahala di saat bulan Ramdhan maka kamu juga perlu mempersiapkan hal-hal kecil tersebut lho. Paling tidak kita bisa berbagi kebahagian, kamu bahagia dengan liburanmu dan orang sekitar bahagia atas perilaku kamu.

Photo by Karolina Grabowska: pexels.com

Demikianlah tips yang bisa kamu terapkan dalam perjalanan liburan saat berpuasa. Semoga bermanfaat, tetaplah berbuat baik untuk sesama, menjaga ibadah, dan lanjutlah berliburan.