Beranda Tips and tricks 10 Tips Travelling Sendirian

10 Tips Travelling Sendirian

70
0
Image by Jan Vašek from Pixabay

Bepergian sendirian bisa terlihat sangat menakutkan, atau kamu mearasa berat untuk pergi dari rumah. Terkadang timbul perasaan pada saat anda akan pergi sendirian, jika kamu terdampar di suatu tempat? Bisakah kamu keluar di malam hari? Tidakkah akan terasa aneh kalau makan di restoran sendirian?

Semua kekhawatiran dan yang lainnya (Apakah saya akan diserang oleh begal? Atau mobil saya terjebak di selokan?) Semua perasaan ini tak jarang dirasakan oleh para pelancong sebelum mereka melakukan perjalanan solo pertama mereka. Namun hal ini mungkin tidak akan berlangsung lama, ketika perjalan solo pertamamu dimulai. Mungkin sebanding dengan manfaat yang tak terhitung banyaknya. Di sini, tips buat kamu yang ingin pergi sendirian :

1.Kenali kekuatan dirimu

Apakah kamu adalah orang yang suka dan mudah bergaul, yang ingin berada ditengah segala hal? atau kamu menjadi gila jika kamu tidak bisa berkomunikasi? Maka pergilah ke tempat-tempat yang ramai. Tempat yang dapat membuat anda bisa berkomunikasi satu dengan yang lain.

Jika kamu seorang introvert, lupakan hambatan bahasa. pilihlah kota kota dengan suasana tenang, aman dan nyaman. Terutama pilihlah kota yang memiliki kebudayaan cafe yang fantastis.

2. Pilih Penginapan (Homestay)

 

Photo by Roberto Nickson on Unsplash

Cobalah homestay atau mencari penyewaan penduduk setempat. Ini memberi Anda koneksi otomatis dengan penduduk saat Anda bepergian sendiri. Sebagai solo traveller, Anda akan memiliki banyak pilihan yang bisa kamu pilih sebagai tempat menginap. Bahkan jika tuan rumah tidak membawa Anda ke kota, Anda setidaknya akan sedikit menemukan beberapa tips dari mereka.

Jika anda memilih Hostel siap pakai , mungkin Anda akan menghabiskan lebih banyak waktu dengan turis lainnya dari pada dengan penduduk setempat.

3. Pelajari bahasa sederhana seperti (Tidak, Terimakasih) atau bahasa isyarat

Tempat wisata biasanya banyak sekali orang-orang ramah yang datang kemudian menawarkan sesuatu, seperti makanan atau minuman. Atau pada saat kita berada di bus ada beberapa orang menawarkan makanan atau oleh oleh, atau pada saat ada orang yag ingin berinteraksi dengan kita. Gunakanlah dengan bantuan bahasa isyarat yang biasanya lebih efektif untuk menolaknya apabila kamu tidak menginginkannya.

4. Abadikan Momen

Image by NoName_13 from Pixabay

Ini yang paling penting! mengabadikan momen dengan berfoto ria, apabila kamu melihat atau menemukan tempat-tempat yang unik atau bahkan bertemu dengan orang-orang baru disekitar Anda. Berilah komentar pada foto tersebut. Lengkapi komentar dengan cerita cerita bagaimana anda mengambil foto tersebut.

5. Makanlah yang banyak

Anda mungkin saja tergoda untuk hidup dalam makanan cepat saji hanya untuk menghindari situasi restoran yang canggung. Eitss, Jangan!!! Pilihlah, tempat mewah atau tempat yang fantastis untuk bersantap sendiri. Pelayan akan dengan senang hati membantu pengunjung solo yang tersenyum dan berkata, “Saya melakukan perjalanan khusus hanya untuk makan di sini. Apa menu rekomendasi untuk disini?”

Orang-orang sosial mungkin ingin makan di bar, tapi tidak ada salahnya mengambil meja untuk dua orang.

6. Mulailah lebih awal

Image by Sabine van Erp from Pixabay

Bangun pagi, nikmati sarapan santai (bila semua barang bagus masih tersedia di prasmanan hotel) dan pergilah ke taman, museum dan kegiatan siang hari lainnya. Jika Anda mengemasi hari Anda cukup penuh, Anda akan siap tidur jam 9 malam.

7. Cari Teman yang bisa jadi Tour guide

Gunakan Facebook dan X untuk membuat koneksi dimana Anda bepergian. Tawarkan ajakan untuk keluar makan malam. Beberapa orang mencari teman dengan kesamaan pada hobi seperti menonton sepak bola, bermusik, memancing, dan sebagainya.

8. Manfaatkan teknologi

Pada saat anda lapar, namun memesan makanan dari hotel terlalu mahal atau Anda ingin mencicipi makanan khas dari kota tersebut, gunakanlah pemesanan online atau alat transportasi online lainnya, di era saat ini yang sudah semakin maju dan modern maka kita tidak akan terlalu sulit untuk memikirkannya.

9. Cobalah komunikasi dengan sekitar

Photo by Bewakoof.com Official on Unsplash

Berpergian sendiri berarti Anda memiliki kesempatan untuk berinteraksi dengan orang lain di sekitar Anda, bertemu penduduk setempat dan wisatawan yang sama di sepanjang jalan. Anda cukup percaya diri untuk mengenalkan diri Anda kepada orang-orang saat Anda ingin bersosialisasi.

10. Sadar akan keamanan

Image by Ryan McGuire from Pixabay

Perjalanan solo bisa sangat menyenangkan dan bermanfaat, tapi perhatikan masalah keamanan sama seperti Anda akan bepergian dengan pasangan atau kelompok. Berhati-hatilah di kota-kota besar di malam hari, perhatikan makanan dan minuman Anda, perhatikan setiap penipuan lokal dan orang-orang sekitar dan perhatikan baik-baik barang berharga Anda.